SMK 1 KISMANTORO

Blog Teknik Komputer Jaringan

ad

Masalah setelah upgrade kernel Linux versi 2.6.31-15 di Ubuntu 9.10

November 26th, 2009 · 1 Comment

Halo pada posting kali ini saya akan membagikan pengalaman yang saya hadapi akibat mengupgrade kernel dari versi 2.6.31-14 menjadi 2.6.31-15 di Ubuntu 9.10. Hari ini seperti biasanya saya menjalankan update manager Ubuntu. Seperti biasa saya langsung accept aja semua update tersebut tanpa pikir panjang. Diantara daftar update tersebut terdapat pilihan untuk mengupgrade kernel Linux menjadi versi 2.6.31-15.

Seperti biasa sambil menunggu proses update selesai, saya melakukan pekerjaan seperti biasanya. Setelah proses update selesai, system meminta reboot mesin. Setelah proses reboot selesai, saya memilih untuk masuk ke Linux dengan kernel yang baru diupdate. Nach disinilah permasalahan itu muncul. Ketika saya memilih kernel versi baru, saya tidak bisa masuk ke XWindow dan screen layar monitor berkedip terus-menerus.Seperti biasa cari solusinya dengan googling, dan mendapatkan solusi yang manjur untuk saya:mrgreen:. Dari hasil pencarian, saya mengetahui bahwa masalah ini disebabkan dari driver Nvidia terbaru yang saya install, yaitu versi 190.42.

Berikut ini solusinya

  • Masuk ke recovery mode dari kernel versi 2.6.31-15.
  • Pilih pilihan drop into the shell
  • Ketikkan perintah telinit 3 pada terminal
  • Lalu install ulang driver Nvidia tersebut dengan mengetikkan sudo sh NVIDIA-Linux-x86-190.42-pkg1.run
  • Ikuti instruksi yang diberikan pada waktu menginstall driver tersebut
  • Langkah terakhir adalah melakukan restart, dan Ubuntu siap digunakan lagi :mrgreen:

Oke sekian saja posting hari ini. Semoga bermanfaat )

  • Share/Bookmark

Related posts:

  1. Mengedit Grub Menu Linux Baru-baru ini saya mengupdate Ubuntu 9.04 milik saya. Akibat dari...
  2. Bug Ubuntu Software Center di Ubuntu 9.10 Karmic Koala Kemarin abis begadang menginstall Ubuntu 9.10 Karmic Koala di Notebook...

0 komentar:

Posting Komentar

ad